Translate

Selasa, 16 September 2014

Belajar Abjad Cyrillic Rusia ~ Читать Pусский Алфавит

Halo.
 Gue sedang tertarik dengan bahasa Rusia, nih. Gue mau berbagi pengetahuan aja yang gue tahu tentang cara membacanya. Dan engga usah basa-basi lagi. Gue cuma mau nge-share dan memperjelaskan tentang Huruf Abjad Cyrillic Rusia aja kok. Kalau kalian tertarik dengan bahasa Rusia, hal pertamanya, kalian harus belajar ini dulu. Kalian liat sendiri aja dibawah ya. Selamat membaca.


Abjad Cyrillic Rusia

А dibaca A
Б dibaca Be
В dibaca Ve
Г dibaca Ge
Д dibaca De
Е dibaca Ye
Ё dibaca Yo
Ж dibaca Zhe
З dibaca Ze
И dibaca I
Й dibaca y (diftong, contoh i pada kata 'santai')
К dibaca Ka
Л dibaca El
М dibaca Em
Н dibaca En
О dibaca O
П dibaca Pe
Р dibaca Er
С dibaca Es
Т dibaca Te
У dibaca U
Ф dibaca Ef
Х dibaca Ha
Ц dibaca Tse
Ч dibaca Che
Ш dibaca Sha
Щ dibaca Shcha
Ы dibaca y (seperti bunyi 'euy' dalam logat Sunda)
Ь (tekanan kecil dalam pembacaan)
Ъ (tekanan besar dalam pembacaan)
Э dibaca E
Ю dibaca Yu
Я dibaca Ya

Terkadang jika kita melihat tulisan bahasa Rusia ada huruf yang terlihat beda. Biasanya seperti ini:

б в г д е ж и й л т ф ц ш щ

Sebenarnya sama saja dengan ini,

Б в г д е ж и й л т ф ц ш щ


Nah, kalau kalian sudah tahu huruf-huruf Cyrillic. Coba kalian bikin nama sendiri pake abjad Rusia tadi. Contohnya nama gue, Erlangga Saputra menjadi Эpлaнггa Caпутpa. Namun dalam pelafalan bahasa Rusia cukup dengan satu "г" (g), akhirnya menjadi Эpлaнгa, dengan pelafalannya tetap 'Erlangga'. Kalau nama kalian gimana?




Спасибо
(spasiba)

Terima kasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar